Langsung ke konten utama

Postingan

Apa Itu Stockholm Syndrome/ Sindrom Stockholm?

Yang bingung apaan sih Stockholm Syndrome tu gak jelas banget. Silahkan boleh Googling.
Tapi boleh la aku njelasin dikit. Stockholm Syndrome/ Sindrom Stockholm adalah sebuah respon psikologis kagum, empati, simpati, sayang, memuja, bahkan cinta kepada seseorang-yang-telah-menculik-dia. Why?? Why these things happening? Stockholm Syndrome itu sendiri terjadi dari sebuah "ke-kepepetan". Bayangin lu udah diculik, mau kabur yekan sama penculiknya diancem lu/ anggota keluarga lu bakal dibunuh. Nah, dari perasaan takut itu, timbul kepatuhan. Lama kelamaan, kepatuhan itu akan terbentuk dengan sendirinya intinya udah melekat di hati lu bakal patuh sama dia. Lama kelamaan juga nih, bisa ada perasaan "dekat" sama serial killer ini wkwk maybe?
Untuk pembuktian dari kasus ini, mari kita ambil asal-usul nama fenomena psikologi ini.
Stockholm itu sebenernya nama kota guys. Di Swedia lebih tepatnya. Pada tahun 1973, di kota Stockholm ada sebuah perampokan bank. Perampok ini s…
Postingan terbaru

Novel 5 CM

DOWNLOAD NOVEL 5 CM 

Penulis: Dhonny Dirghantoro
Penerbit: PT. Grasindo
Jumlah Halaman: 381
Tahun Pertama Terbit: 2005 



Buku ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan dan nasionalisme. Banyak di antara kita yang beranggapan nasionalisme adalah perkara yang pelik. Melalui 5 Cm, kita diajak “bermain-main” dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utama novel besutan penulis muda, Donny Dirghantoro. Novel ini dibuka dengan perkenalan masing-masing tokoh yaitu Arial, Zafran, Genta, Riani dan Ian. Dengan cerdas, sang penulis merekatkan karakter kuat pada masing-masing tokoh. Hal ini yang membuat 5 Cm unggul dari novel lain. Jika secara umum pada permulaan novel kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh, maka di dalam 5 cm, kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat di halaman awal. 

Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 7 tahun. Hingga suatu saat me…

Cantik?

Karena definisi seorang wanita cantik menurut saya adalah seorang yang mempunyai keelokan dalam orang-orang melihatnya. Tentang hatinya itu tak mempengaruhi apapun. Dialah seorang wanita yang berambut panjang, hitam legam, lembut, tebal, dan wangi. Dialah seorang wanita yang berkulit putih dan bersih. Dialah wanita yang bermata besar dan memancarkan kecantikannya. Dialah seorang wanita yang berbibir tipis dan merah. Dialah wanita yang bertubuh ramping dan tinggi. Saya pikir, semua laki-laki di dunia ini tak akan ada yang menolak wanita seperti itu. Tak peduli bagaimana pribadinya, wataknya, imannya. Semua itu seolah-olah tertutupi dengan paras cantiknya.
Apakah itu adil? Tentu saja tidak. Lalu bagaimana dengan wanita-wanita seperti saya? Mereka mungkin memilih wanita-wanita seperti saya karena mereka pikir kami tidak akan berpaling dari mereka disamping mereka hanya menyetatuskan tanpa ada rasa untuk kami dan mereka dengan seenaknya berpaling dengan sendirinya.
Apa itu adil? Tentu sa…

240117-Changes me

Tak seharipun diriku tanpanya. Rasanya aku tidak hidup jika dia tidak memberiku sebuah senyuman. Rasanya neraka jika aku belum melihat wajahnya. Aku tahu itu tidak baik, tapi aku tidak bisa lagi memperbaiki.Tak kusangka sebetah itukah dia tanpaku? Apakah dia tidak merasakan kerinduan amatku? Apakah dia tidak pernah khawatir jika aku digauli oleh laki-laki lain seperti aku mengkhawatirkannya? Apakah dia lagi dikecamuki oleh pikiran-pikiran negatif untukku? Mungkinkah dia tidak memprioritaskan aku lagi? Apakah dia tiada lagi mau untuk membantuku menyembuhlan penyakitku ini? Apa dia sadar dia terlalu meminta maaf karena sebuah ingkar janji? Dan yang terpenting, apakah pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab saat ini juga? Aku lelah bersedih. Aku lelah berpusing-pusing. Aku lelah segalanya. Aku merasa bersalah kepada orang-orang yang bahkan tidak tahu apa-apa kujadikan sebagai pelampiasan. Dan kau? Kau hanya berdiam diri menungguku sembuh dengan muka datarmu yang memilukan hati.Aku ingin …

230117-My life is just pain

Hidupku lebih tak tenang setelah dia pergi meninggalkan dunia pahit yang ia terjebak dalam zaman dimana kepahitan itu berada dititik terberatnya. Dahulunya, aku adalah seorang gadis bahagia yang tiada pernah memikirkan seseorang yang bahkan belum pernah kenal sampai sestres ini. Kupikir, dia begitu menikmati hidupnya sehingga dia lupa akan peradaban manusia yang kembali dari peradaban jahiliyah dulu. Kupikir dia adalah tujuan sempurna seorang wanita. Tapi baru-baru ini, sesempurna apapun manusia, akan kembali juga kepapa pencipta-Nya. Sempat diriku berpikir jika ia masih hidup, aku tidak akan menerimanya dalam hidupku karena aku takut aku kehilangan segala kebahagiaanku dan ketenanganku. Dan ternyata, persepsiku salah. Lebih dari salah. Justru kematiannya membuat aku lebih tidak berdaya untuk menerimanya. Iya, aku tidak menerima kematian seseorang yang belum pernah aku kenal. Dan baru-baru ini, entah mengapa aku menikmati kesendirianku yang kupikir, aku sedang bersamanya. Dalam hatiku…

190117-tak mengenakkan

Jika kabar itu adalah salah satu dari muslihatmu karena kau bosan mendengar keluhan-keluhan tentang diriku, itu sangat tidak membantu. Sama sekali tidak membantu. Ku hargai usahamu karena ingin mendengarku memuji diriku sendiri, tapi tidak. Aku tidak terkesan. Bisakah kau mengatakan yang sebenarnya tentang itu semua? Bisakah kau mengatakan yang sejujurnya tentang itu semua? Semua seperti yang kuceritakan tentang diriku kepadamu. Apakah itu balasannya? Dengan kebohonganmu? Mungkin sekarang aku marah. Aku kecewa berat. Aku tak bisa memikirkan apa-apa selain itu. Dan itu karena apa? Karena aku masih ragu apakah kau ini mengatakan yang sejujurnya atau hanya menenangkanku saja?
Aku butuh penjelasan dari semua ini. Tidak peduli apakah itu berpengaruh besar untuku dan untukmu. Bahkan mungkin saja alasan kau berbohong lebih menyakitkan dan lebih membuatku marah dari ini tapi setidaknya...... Aku mohon jangan pernah membohongiku lagi. Aku mohon bantu aku untuk sepenuhnya mempercayaimu lagi. Ka…

180117-md:)

Dengar, kalian tidak pernah merasakan apa yang aku rasakan. Memikirkan apa yang aku pikirkan. Memang benar perasaan orang berbeda-beda, dan justru itulah yang membuat aku merasakan seperti ini. Kekhawatiranku banyak. Dan aku butuh keyakinan. Banyak keyakinan. Aku tidak butuh ditenangkan. Hanya diyakinkan bahwa yang aku pikirkan itu bukanlah hal yang buruk.
Aku mungkin tidak sensitif, bahkan tidak peka.kepada siapapun. Tetapi, kesensitifan dan kepekaanku pada diriku sendiri jauh lebih dalam. Apalagi ada suatu hal yang bahkan belum pernah aku lihat atau aku rasakan keberadaannya bisa aku rasakan sedalam-dalamnya.
Aku lebih suka menyakiti diri sendiri untuk menenangkanku walau itu sebenarnya tidak membantu. Jika aku menenangkan diriku sendiri justru aku tak bisa berpikir bahwa hal itu akan terjadi sama seperti hal positif yang aku tenangkan.
Sebenarnya aku tidak bisa membantu siapapun. Jangankan membantu, untuk mengertipun aku tidak bisa tapi selebihnya, aku mencoba. Selebihnya aku menge…